Home / Artikel / Informasi

Artikel Berita informasi

Hasil SKM Triwulan IV Tahun 2021 DPMPTSP Kota Mataram

     Dari keseluruhan kuesioner dapat terisi dengan baik sehingga dapat diolah dan dianalisis lebih lanjut. Dari hasil pengolahan terhadap kuesioner yang telah terisi tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut :

Berdasarkan Keputusan Menpan-RB Nomor 14 Tahun 2017 memuat 9 unsur pelayanan yang harus diukur, yaitu :

     a.   Persyaratan ;

b.   Sistem, Mekanisme, dan Prosedur;

c.   Waktu Penyelesaian;

d.   Biaya /Tarif  ;

e.   Produk  Spesifikasi Jenis Pelayanan;

f.    Kompetensi Pelaksana;

g.   Perilaku Pelaksana ;

h.   Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan ;

i.    Sarana dan Prasarana.

     Berdasarkan pengukuran terhadap kualitas  9 unsur pelayanan tersebut diperoleh hasil skor  dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), dengan angka Indeks sebesar 81,07 maka kinerja unit pelayanan ini berada dalam mutu pelayanan B dengan kategori BAIK, karena berada dalam nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat 62,51 – 81,25. Sebagaimana diketahui bahwa kategorisasi mutu pelayanan berdasarkan survei adalah sebagai berikut :

Nilai Interval IKM

Nilai Interval Konversi IKM

Mutu Pelayanan

Kinerja Unit Pelayanan

1,00 – 1,75

25,00 – 43,75

D

TIDAK BAIK

1,76 – 2,50

43,76 – 62,50

C

KURANG BAIK

2,51 – 3,25

62,51 – 81,25

B

BAIK

3,26 – 4,00

81,26 – 100,00

A

SANGAT BAIK

 

Nilai Rata-rata (NRR) dan Survei Kepuasaan Masyarakat

(SKM) 9 Unsur Pelayanan

No.

Unsur Pelayanan

NRR

SKM

1.

Persyaratan Pelayanan

3,220

 

80.500

2.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3,227

80,675

3.

Waktu Pelayanan

3,187

79,675

4.

Biaya/tarif 

3,273

81,825

5.

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3,273

81,825

6.

Kompetensi Pelaksana

3,220

80,500

7.

Perilaku Pelaksana

3,307

82,675

8.

Penanganan Pengaduan  Saran dan Masukan

3,300

82,500

9.

Sarana dan Prasarana

3,207

80,175

 

        NRR (Nilai Rata-rata) nilai dari suatu unsur pelayanan menunjukkan penilaian masyarakat terhadap unsur pelayanan tersebut. NRR yang juga merupakan nilai interval Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang pada Triwukan IV ini mencapai angka 3.242 atau SANGAT BAIK sehingga perlu dipertahankan. NRR tertinggi adalah unsur  Perilaku pelaksana  (3,307)  sedangkan unsur dengan NRR terendah adalah Waktu Pelayanan (3,187).

ARTIKEL LAINNYA

BANNER