Hasil SKM Triwulan IV Tahun 2021 DPMPTSP Kota Mataram
11 Jan 2022 | in Berita Informasi | by adminDari keseluruhan kuesioner dapat terisi dengan baik sehingga dapat diolah dan dianalisis lebih lanjut. Dari hasil pengolahan terhadap kuesioner yang telah terisi tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut :
Berdasarkan Keputusan Menpan-RB Nomor 14 Tahun 2017 memuat 9 unsur pelayanan yang harus diukur, yaitu :
a. Persyaratan ;
b. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur;
c. Waktu Penyelesaian;
d. Biaya /Tarif ;
e. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan;
f. Kompetensi Pelaksana;
g. Perilaku Pelaksana ;
h. Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan ;
i. Sarana dan Prasarana.
Berdasarkan pengukuran terhadap kualitas 9 unsur pelayanan tersebut diperoleh hasil skor dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), dengan angka Indeks sebesar 81,07 maka kinerja unit pelayanan ini berada dalam mutu pelayanan B dengan kategori BAIK, karena berada dalam nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat 62,51 – 81,25. Sebagaimana diketahui bahwa kategorisasi mutu pelayanan berdasarkan survei adalah sebagai berikut :
Nilai Interval IKM |
Nilai Interval Konversi IKM |
Mutu Pelayanan |
Kinerja Unit Pelayanan |
1,00 – 1,75 |
25,00 – 43,75 |
D |
TIDAK BAIK |
1,76 – 2,50 |
43,76 – 62,50 |
C |
KURANG BAIK |
2,51 – 3,25 |
62,51 – 81,25 |
B |
BAIK |
3,26 – 4,00 |
81,26 – 100,00 |
A |
SANGAT BAIK |
Nilai Rata-rata (NRR) dan Survei Kepuasaan Masyarakat
(SKM) 9 Unsur Pelayanan
No. |
Unsur Pelayanan |
NRR |
SKM |
1. |
Persyaratan Pelayanan |
3,220
|
80.500 |
2. |
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur |
3,227 |
80,675 |
3. |
Waktu Pelayanan |
3,187 |
79,675 |
4. |
Biaya/tarif |
3,273 |
81,825 |
5. |
Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan |
3,273 |
81,825 |
6. |
Kompetensi Pelaksana |
3,220 |
80,500 |
7. |
Perilaku Pelaksana |
3,307 |
82,675 |
8. |
Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan |
3,300 |
82,500 |
9. |
Sarana dan Prasarana |
3,207 |
80,175 |
NRR (Nilai Rata-rata) nilai dari suatu unsur pelayanan menunjukkan penilaian masyarakat terhadap unsur pelayanan tersebut. NRR yang juga merupakan nilai interval Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang pada Triwukan IV ini mencapai angka 3.242 atau SANGAT BAIK sehingga perlu dipertahankan. NRR tertinggi adalah unsur Perilaku pelaksana (3,307) sedangkan unsur dengan NRR terendah adalah Waktu Pelayanan (3,187).
ARTIKEL LAINNYA