Home / Artikel / Informasi

Artikel Berita informasi

Hasil SKM Triwulan III Tahun 2021 DPMPTSP Kota Mataram

Dari keseluruhan kuesioner dapat terisi dengan baik sehingga dapat diolah dan dianalisis lebih lanjut. Dari hasil pengolahan terhadap kuesioner yang telah terisi tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut :

Berdasarkan Keputusan Menpan-RB Nomor 14 Tahun 2017 memuat 9 unsur pelayanan yang harus diukur, yaitu :

a.   Persyaratan ;

b.   Sistem, Mekanisme, dan Prosedur;

c.   Waktu Penyelesaian;

d.   Biaya /Tarif  ;

e.   Produk  Spesifikasi Jenis Pelayanan;

f.    Kompetensi Pelaksana;

g.   Perilaku Pelaksana ;

h.   Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan ;

i.    Sarana dan Prasarana.

Berdasarkan pengukuran terhadap kualitas  9 unsur pelayanan tersebut diperoleh hasil skor  dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), dengan angka Indeks sebesar 86.21 maka kinerja unit pelayanan ini berada dalam mutu pelayanan A dengan kategori SANGAT BAIK, karena berada dalam nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat 81,26100,00.

Sebagaimana diketahui bahwa kategorisasi mutu pelayanan berdasarkan survei adalah sebagai berikut :

   Nilai Interval IKM   

  Nilai Interval Konversi IKM  

  Mutu Pelayanan  

  Kinerja Unit Pelayanan  

        1,00 – 1,75

              25,00 – 43,75

               D

           TIDAK BAIK

        1,76 – 2,50

              43,76 – 62,50

               C

         KURANG BAIK

        2,51 – 3,25

              62,51 – 81,25

               B

                 BAIK

        3,26 – 4,00

              81,26 – 100,00

               A

         SANGAT BAIK


Nilai Rata-rata (NRR) dan Survei Kepuasaan Masyarakat (SKM) 9 Unsur Pelayanan

No.

Unsur Pelayanan

NRR

SKM

1.

Persyaratan Pelayanan

3,433

85.825

2.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3,400

85,000

3.

Waktu Pelayanan

3,367

84,175

4.

Biaya/tarif 

3,453

86,325

5.

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3,500

87,500

6.

Kompetensi Pelaksana

3,507

87,675

7.

Perilaku Pelaksana

3,553

88,325

8.

Penanganan Pengaduan  Saran dan Masukan

3,407

85,175

9.

Sarana dan Prasarana

3,407

85,175

 

Rata-rata nilai dari suatu unsur pelayanan menunjukkan penilaian masyarakat terhadap unsur pelayanan tersebut. Unsur­-unsur pelayanan dengan nilai rata-rata atau nilai interval Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) 3,553 atau SANGAT BAIK merupakan unsur-unsur pelayanan yang perlu dipertahankan. Unsur yang memiliki Nilai Rata-Rata (NRR) tertinggi adalah unsur  Perilaku pelaksana  (3,553)  sedangkan unsur dengan Nilai Rata-Rata (NRR) terendah adalah Sistem, Mekanisme, dan Prosedur (3,400).

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, maka yang perlu diprioritaskan adalah pada unsur yang mempunyai nilai paling rendah. Sedangkan unsur yang mempunyai nilai cukup tinggi harus tetap ditingkatkan dan dipertahankan.

ARTIKEL LAINNYA

BANNER