
Hasil SKM Triwulan III Tahun 2021 DPMPTSP Kota Mataram
12 Oct 2021 | in Berita Informasi | by adminDari keseluruhan kuesioner dapat terisi dengan baik sehingga dapat diolah dan dianalisis lebih lanjut. Dari hasil pengolahan terhadap kuesioner yang telah terisi tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut :
Berdasarkan Keputusan Menpan-RB Nomor 14 Tahun 2017 memuat 9 unsur pelayanan yang harus diukur, yaitu :
a. Persyaratan ;
b. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur;
c. Waktu Penyelesaian;
d. Biaya /Tarif ;
e. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan;
f. Kompetensi Pelaksana;
g. Perilaku Pelaksana ;
h. Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan ;
i. Sarana dan Prasarana.
Berdasarkan pengukuran terhadap kualitas 9 unsur pelayanan tersebut diperoleh hasil skor dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), dengan angka Indeks sebesar 86.21 maka kinerja unit pelayanan ini berada dalam mutu pelayanan A dengan kategori SANGAT BAIK, karena berada dalam nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat 81,26 – 100,00.
Sebagaimana diketahui bahwa kategorisasi mutu pelayanan berdasarkan survei adalah sebagai berikut :
Nilai Interval IKM |
Nilai Interval Konversi IKM |
Mutu Pelayanan |
Kinerja Unit Pelayanan |
1,00 – 1,75 |
25,00 – 43,75 |
D |
TIDAK BAIK |
1,76 – 2,50 |
43,76 – 62,50 |
C |
KURANG BAIK |
2,51 – 3,25 |
62,51 – 81,25 |
B |
BAIK |
3,26 – 4,00 |
81,26 – 100,00 |
A |
SANGAT BAIK |
Nilai Rata-rata (NRR) dan Survei Kepuasaan Masyarakat (SKM) 9 Unsur Pelayanan
No. |
Unsur Pelayanan |
NRR |
SKM |
1. |
Persyaratan Pelayanan |
3,433 |
85.825 |
2. |
Sistem, Mekanisme, dan Prosedur |
3,400 |
85,000 |
3. |
Waktu Pelayanan |
3,367 |
84,175 |
4. |
Biaya/tarif |
3,453 |
86,325 |
5. |
Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan |
3,500 |
87,500 |
6. |
Kompetensi Pelaksana |
3,507 |
87,675 |
7. |
Perilaku Pelaksana |
3,553 |
88,325 |
8. |
Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan |
3,407 |
85,175 |
9. |
Sarana dan Prasarana |
3,407 |
85,175 |
Rata-rata nilai dari suatu unsur pelayanan menunjukkan penilaian masyarakat terhadap unsur pelayanan tersebut. Unsur-unsur pelayanan dengan nilai rata-rata atau nilai interval Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) 3,553 atau SANGAT BAIK merupakan unsur-unsur pelayanan yang perlu dipertahankan. Unsur yang memiliki Nilai Rata-Rata (NRR) tertinggi adalah unsur Perilaku pelaksana (3,553) sedangkan unsur dengan Nilai Rata-Rata (NRR) terendah adalah Sistem, Mekanisme, dan Prosedur (3,400).
Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, maka yang perlu diprioritaskan adalah pada unsur yang mempunyai nilai paling rendah. Sedangkan unsur yang mempunyai nilai cukup tinggi harus tetap ditingkatkan dan dipertahankan.
ARTIKEL LAINNYA