Home / Artikel / Informasi

Artikel Berita informasi

Hasil SKM Triwulan I Tahun 2022 DPMPTSP Kota Mataram

 

Dari hasil pengolahan data terhadap profil responden didapat beberapa informasi, diantaranya adalah:

  1. Pengelompokan responden berdasarkan jenis kelamin menunjukkan informasi bahwa mayoritas responden adalah Laki-laki dengan angka persentase sebesar 62% atau 93 orang dari 150 responden.
  2. Pengelompokan responden berdasarkan kelompok usia menunjukkan informasi bahwa terdapat tiga kelompok umur yang mendominasi sebaran responden , yaitu kelompok umur 26-30 tahun (sebesar 28 orang atau 19%),  umur 31-35 tahun (sebesar 27 orang atau 18%), dan umur 41-45 tahun (sebesar 26 orang atau 17%). Tiga kelompok umur ini jika digabung mendominasi dengan persentase 54%. Kelompok umur produktif merupakan usia yang paling mudah dan memiliki kemampuan untuk mengurus layanan secara mandiri dengan datang ke Kantor DPMPTSP Kota Mataram.
  3. Pengelompokan responden berdasarkan tingkat pendidikan menunjukkan informasi bahwa mayoritas responden adalah bergelar sarjana/sederajat dengan angka persentase sebesar 57% atau 86 orang dari total 150 responden.
  4. Pengelompokan responden berdasarkan jenis pekerjaan menunjukkan informasi bahwa mayoritas responden adalah pegawai swasta dengan angka persentase sebesar 55%

Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa profil responden (pemohon yang mengurus perizinan) di DPMPTSP Kota Mataram pada Triwulan I Tahun 2022 didominasi oleh Laki-laki, berusia antara 26 sampai dengan 45 tahun, dengan tingkat pendidikan sarjana/sederajat, dan berprofesi sebagai pegawai swasta. Dengan mengetahui profil responden tersebut dapat menjadi pertimbangan utama dalam menyusun rencana dan menentukan kebijakan yang tepat dalam upaya meningkatkan pelayanan perizininan selanjutnya.

Dalam pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat di DPMPTSP Kota Mataram pada Triwulan I Periode Januari-Maret Tahun 2022 dapat disimpulkan bahwa secara umum kualitas pelayanan pada DPMPTSP Kota Mataram telah dinilai Baik, secara umum kualitas pelayanan pada DPMPTSP Kota Mataram masih dipersepsikan Baik oleh masyarakat penggunanya. Hal ini terlihat dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang diperoleh yaitu (86,82) berkisar di antara 76,61 – 88,30. Ini dapat disimpulkan  bahwa kinerja DPMPTSP Kota Mataram adalah BAIK. Hasil tersebut merupakan akumulasi dari kinerja pada setiap unsur layanannya. Dari 9 (sembilan) unsur layanan yang dinilai, hampir seluruhnya menghasilkan penilaian Baik. Bahkan terdapat 2 (dua) unsur layanan yang mendapat penilaian Sangat Baik yaitu unsur Kewajaran biaya/tarif pelayanan dan unsur Perilaku Pelaksana Pelayanan.

ARTIKEL LAINNYA

BANNER