HOME

PROFILE

PERIZINAN

MEKANISME

PENANAMAN MODAL

DOWNLOAD

KONTAK KAMI

HASIL SURVEY IKM DPMPTSP KOTA MATARAM PERIODE JULI - SEPTEMBER 2018

Dari keseluruhan kuesioner (150 kuesioner) dapat terisi dengan baik sehingga dapat diolah dan dianalisis lebih lanjut. Dari hasil pengolahan terhadap kuesioner yang telah terisi tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut :

 

3.1    Hasil Pengukuran Berdasarkan 9 Unsur Pelayanan

Berdasarkan Keputusan Menpan-RB Nomor 14 Tahun 2017 memuat 9 unsur pelayanan yang harus diukur, yaitu :

a.   Persyaratan ;

b.   Sistem, Mekanisme, dan Prosedur;

c.   Waktu Penyelesaian;

d.   Biaya /Tarif  ;

e.   Produk  Spesifikasi Jenis Pelayanan;

f.    Kompetensi Pelaksana;

g.   Perilaku Pelaksana ;

h.   Penanganan Pengaduan Saran dan Masukan ;

i.    Sarana dan Prasarana.

 

Berdasarkan pengukuran terhadap kualitas  9 unsur pelayanan tersebut diperoleh hasil skor  dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) :  dengan angka Indeks sebesar  maka kinerja unit pelayanan ini berada dalam mutu pelayanan A dengan kategori SANGAT BAIK, karena berada dalam nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat 81,26 – 100,00.

Sebagaimana diketahui bahwa kategorisasi mutu pelayanan berdasarkan survei adalah sebagai berikut :

Tabel 1

Kategorisasi Mutu Pelayanan

 

Nilai Interval IKM

Nilai Interval Konversi IKM

Mutu Pelayanan

Kinerja Unit Pelayanan

1,00 – 1,75

25,00 – 43,75

D

TIDAK BAIK

1,76 – 2,50

43,76 – 62,50

C

KURANG BAIK

2,51 – 3,25

62,51 – 81,25

B

BAIK

3,26 – 4,00

81,26 – 100,00

A

SANGAT BAIK

 

 

 

 

Tabel 2

Nilai Rata-rata (NRR) dan Survei Kepuasaan Masyarakat

(SKM) 9 Unsur Pelayanan

No.

Unsur Pelayanan

NRR

IKM

1.

Persyaratan Pelayanan

3,273

 

81,825

2.

Sistem, Mekanisme, dan Prosedur

3,327

83,175

3.

Waktu Penyelesaian

3,333

83,325

4.

Biaya/tarif 

3,320

83,000

5.

Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3,293

82,325

6.

Kompetensi Pelaksana

3,280

82,000

7.

Perilaku Pelaksana

3,560

89,000

8.

Penanganan Pengaduan  Saran dan Masukan

3,267

81,675

9.

Sarana dan Prasarana

3,327

83,175

 

Rata-rata nilai dari suatu unsur pelayanan menunjukkan penilaian masyarakat terhadap unsur pelayanan tersebut. Unsur­-unsur pelayanan dengan nilai rata-rata atau nilai interval Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) 3,321 atau SANGAT BAIK merupakan unsur-unsur pelayanan yang perlu dipertahankan.

 

Share Link :