HOME

PROFILE

PERIZINAN

MEKANISME

PENANAMAN MODAL

DOWNLOAD

KONTAK KAMI

Sosialisasi Standar Pelayanan DPMPTSP Kota Mataram

Pada hari Senin, 14 Mei 2018  DPMPTSP Kota Mataram menyelenggarakan Sosialisasi Standar Pelayanan Publik bertempat di Fave Hotel Langko Mataram, dengan narasumber Kepala DPMPTSP Kota Mataram Drs. Cokorda Sudira Muliarsa, diikuti oleh pengusaha, Kadin Kota Mataram, Gapensi Kota Mataram, unsur masyarakat, LSM (Fitra NTB, Transform, Mitra Samya dll), OPD Teknis, Bagian Organisasi Setda Kota Mataram dengan dipandu moderator acara Kabag Hukum Setda Kota Mataram Mansur, SH, MH.

Kepala DPMPTSP Kota Mataram menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,  bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik baik yang memberikan pelayanan kepada masyarakat secara langsung maupun tidak langsung wajib menyusun,  menetapkan dan mensosialisasikan Standar Pelayanan yang dapat dijadikan sebagai tolok ukur dalam penyelenggaraan pelayanan di lingkungan masing-masing.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 tahun 2014 maka standar pelayanan yang disusun dengan mengikutsertakan masyarakat dan pihak-pihak terkait dengan tujuan untuk menyelaraskan kemampuan penyelenggara pelayanan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan guna mengefektifkan penyelenggaraan pelayanan yang berkualitas.

Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan asas penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan guna mewujudkan kepastian hak dan kewajiban berbagai pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan, setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menetapkan Standar Pelayanan.

Lebih jauh Kepala DPMPTSP Kota Mataram menyampaikan bahwa terdapat 14 Komponen Standar Pelayanan, yaitu:

1.    Dasar hukum

2.    Persyaratan

3.    Sistem, mekanisme, dan prosedur

4.    Jangka waktu penyelesaian

5.    Biaya/tarif

6.    Produk pelayanan

7.    Sarana, prasarana, dan/atau fasilitas

8.    Kompetensi pelaksana

9.    Pengawasan internal

10. Penanganan pengaduan, saran, dan masukan

11. Jumlah pelaksana

12. Jaminan pelayanan yang memberikan kepastian pelayanan  dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan

13. Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan dalam bentuk komitmen untuk memberikan rasa aman, bebas dari bahaya dan resiko keragu-raguan; dan

14. Evaluasi kinerja pelaksana.

Sebelumnya dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Sekretaris DPMPTSP Kota Mataram Ir. Bambang Juni Wartono, M.Si. bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan Sosialisasi Standar Pelayanan DPMPTSP Kota Mataram Tahun 2018, antara lain:

1.   Untuk memberikan pemahaman dan persepsi yang sama kepada penyelenggaraan pemerintahan di Kota Mataram, masyarakat dan dunia usaha mengenai standar pelayanan pada DMPTSP Kota Mataram.

2.   Untuk memberikan kepastian, meningkatkan kualitas dan kinerja pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan selaras dengan kemampuan Organisasi Penyelenggara Pelayanan Publik sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat.

3.   Untuk mewujudkan kepastian tentang hak, tanggung jawab, kewajiban dan kewenangan seluruh pihak terkait dalam penyelenggaraan pelayanan publik pada DPMPTSP Kota Mataram.

4.   Dalam rangka mewujudkan sistem penyelenggaraan pemerintahan sesuai asas-asas umum penyelenggaran kepemerintahan yang baik, terpenuhinya hak-hak masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik secara maksimal serta mewujudkan partisipasi dan ketaatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

   

 

 

 

Share Link :