HOME

PROFILE

PERIZINAN

MEKANISME

PENANAMAN MODAL

DOWNLOAD

KONTAK KAMI

HASIL SURVEY SKM DPMPTSP KOTA MATARAM PERIODE JANUARI - MARET 2018

Dari keseluruhan kuesioner (150 kuesioner) dapat terisi dengan baik sehingga dapat diolah dan dianalisis lebih lanjut. Dari hasil pengolahan terhadap kuesioner yang telah terisi tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut :

 

3.1    Hasil Pengukuran Berdasarkan 9 Unsur Pelayanan

Berdasarkan Keputusan Menpan-RB Nomor 14 Tahun 2017 memuat 9 unsur pelayanan yang harus diukur, yaitu :

a.   Persyaratan Pelayanan;

b.   Prosedur Pelayanan

c.   Waktu Penyelesaian;

d.   Biaya /Tarif Pelayanan ;

e.   Produk  Jenis Pelayanan;

f.    Kompetensi Pelaksana;

g.   Perilaku Pelaksana Pelayanan;

h.   Maklumat Pelayanan;

i.    Penanganan Pengaduan, saran.

 

Berdasarkan pengukuran terhadap kualitas  9 unsur pelayanan tersebut diperoleh hasil skor  dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) : 84,71 dengan angka Indeks sebesar 84,71 maka kinerja unit pelayanan ini berada dalam mutu pelayanan A dengan kategori SANGAT BAIK, karena berada dalam nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat 81,26 – 100,00.

Sebagaimana diketahui bahwa kategorisasi mutu pelayanan berdasarkan survei adalah sebagai berikut :

Tabel 1

Kategorisasi Mutu Pelayanan

 

Nilai Interval IKM

Nilai Interval Konversi IKM

Mutu Pelayanan

Kinerja Unit Pelayanan

1,00 – 1,75

25,00 – 43,75

D

TIDAK BAIK

1,76 – 2,50

43,76 – 62,50

C

KURANG BAIK

2,51 – 3,25

62,51 – 81,25

B

BAIK

3,26 – 4,00

81,26 – 100,00

A

SANGAT BAIK

 

 

 

 

Tabel 2

Nilai Rata-rata (NRR) dan Survei Kepuasaan Masyarakat

(SKM) 9 Unsur Pelayanan

No.

Unsur Pelayanan

NRR

IKM

1.

Persyaratan Pelayanan

3,353

83,825

2.

Prosedur Pelayanan

3,373

84,325

3.

Waktu Penyelesaian

3,373

84,325

4.

Biaya/tarif  Pelayanan

3,420

85,500

5.

Produk Jenis Pelayanan

3,427

85,675

6.

Kompetensi Pelaksana

3,387

84,675

7.

Perilaku Pelaksanaan Pelayanan

3,493

87,325

8.

Maklumat Pelayanan

3,347

83,675

9.

Penanganan  Pengaduan Saran

3,353

83,825

 

Rata-rata nilai dari suatu unsur pelayanan menunjukkan penilaian masyarakat terhadap unsur pelayanan tersebut. Unsur­-unsur pelayanan dengan nilai rata-rata atau nilai interval Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) 3,388 atau SANGAT BAIK merupakan unsur-unsur pelayanan yang perlu dipertahankan.

Dari Tabel 2 dapat dilihat bahwa unsur yang memiliki Nilai
(NRR) tertinggi adalah unsur  Perilaku Pelaksanaan Pelayanan  (rata-rata 3,493), sedangkan unsur dengan Nilai Rata-Rata (NRR) terendah adalah Unsur Maklumat Pelayanan (rata-rata 3,347). Angka ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan paling tinggi diperoleh dari Perilaku Pelaksanaan Pelayanan, sedangkan pada Maklumat Pelayanan  paling rendah.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan, maka yang perlu diprioritaskan adalah pada unsur yang mempunyai nilai paling rendah. Sedangkan unsur yang mempunyai nilai cukup tinggi harus tetap dipertahankan.

Proses menciptakan pelayanan publik yang berkualitas, maka ke-9 (sembilan) unsur pelayanan di atas harus ditingkatkan kembali khususnya Unsur Maklumat Pelayanan  (Penilaian rata-rata Survei Kepuasan Masyarakat sebesar 3,347). Selain itu ada 8 (delapan) unsur lain yang harus dipertahankan dan ditingkatkan pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Mataram yang langsung berhubungan dengan masyarakat.

Delapan  unsur kualitas pelayanan harus dipertahankan dan ditingkatkan adalah :

  1. Persyaratan Pelayanan (3,353)
  2. Penanganan Pengaduan Saran (3,353)
  3. Sistem, Mekanisme dan Prosedur (3,373)
  4. Waktu Penyelesaian (3,373)
  5. Biaya Tarif (3,420)
  6. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan (3,427)
  7. Kompetensi Pelaksanaan (3,493)
  8. Perilaku Pelaksanaan Pelayanan (3,493)

     

Share Link :