HOME

PROFILE

PERIZINAN

MEKANISME

PENANAMAN MODAL

DOWNLOAD

KONTAK KAMI

DPMPTSP Kota Mataram Raih Role Model Nasional Pelayanan Publik Terbaik 2017

Alhamdulillah. Mengawali tahun 2018, pada hari Rabu, 24 Januari 2018, satu lagi torehan prestasi DPMPTSP Kota Mataram diberikan oleh Kementerian PAN RB yaitu penghargaan sebagai Role Model Nasional Pelayanan Publik  dengan kategori penilaian A (SANGAT BAIK) untuk yang ke-2 kali setelah tahun lalu mendapat penghargaan yang sama. 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan  penghargaan kepada sejumlah unit kerja instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagai role model pelayanan publik. Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi pelayanan publik tertentu pada 72 Kabupaten/Kota terdapat  5 pembina pelayanan publik yang masuk dalam kategori  A (sangat baik).

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengatakan, pantauan dan evaluasi ini dilakukan sebagai amanat dari Undang-Undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik. Berdasarkan  pasal 7 ayat (3) huruf c dan ayat (4) huruf c UU tersebut, Menteri PANRB bertugas melakukan pemantauan  dan evaluasi serta wajib membuat peringkat   kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, dan secara berkala wajib memberikan penghargaan kepada penyelenggara.

Dikatakan, monitoring dan evaluasi ini dilakukan untuk mendapat gambaran secara konkret sampai sejauh mana kepatuhan instansi pemerintah terhadap pelaksanaan UU No. 25/2009.  Selain itu, juga untuk menjadikan 72 kabupaten/kota sebagai pilot project keberhasilan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. “Dengan demikian, daerah tersebut dapat menjadi tempat belajar bagi instansi lain dalam peningkatan kualitas pelayanan publik,” ujar Diah di Jakarta.

Pemberian penghargaan dari pembina pelayanan publik nasional sebagai bentuk apresiasi atas kinerja dan capaian yang telah diperoleh oleh unit penyelenggara pelayanan publik.  “Unit penyelenggara pelayanan publik yang telah memenuhi kriteria yang ditetapkan agar terus mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya sehingga tercapai pelayanan publik yang prima terhadap masyarakat,” imbuhnya.

Monitoring dan evaluasi kali ini merupakan kali ketiga. Pertama kali dilakuan tahun 2015, dengan mengevaluasi 57 kabupaten/kota, yang meliputi RSUD, Disdukcapil dan PTSP.  Tahun berikutnya, daerah yang dievaluasi bertambah menjadi 59 kabupaten/kota, dengan unit kerja meliputi RSUD, Disdukcapil, PTSP, Puskesmas, lembaga dan Polres/Polresta/Polrestabes.

Pada tahun 2017, jumlah daerah yang dievaluasi bertambah lagi menjadi 72 kabupaten/kota. Pelaksanaan monitoroing dan evaluasi ini didasarkan Keputusan Menteri PANRB No. 21/2017 tentang Penetapan Provinsi, Kabupaten/Kota, kemenetrian/Lembaga, dan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik sebagai Lokasi Penyelenggara Pelayanan Publik tahun 2017.

Selain unit-unit kerja yang dievaluasi sebelumnya, ditambah dengan PTSP Provinsi, kantor pertanahan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ BPN dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). “Peningkatan jumlah daerah yang dievaluasi ini merupakan wujud kesadaran dan partisipasi dari lembaga dan pemda yang minta dievaluasi oleh Kementerian PANRB,” ungkap Guru Besar Universitas Sriwijaya ini.

’’Melayani masyarakat sudah menjadi keharusan kita sebagai aparatur sipil negara (ASN). Ini merupakan hasil kerja Kita bersama sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misi Walikota Mataram. Kami  merupakan pelayan masyarakat bukan untuk dilayani,” tegas  Sekretaris Daerah  Kota Mataram Ir. H. Effendi Eko Saswito, M.M. yang juga sebagai pembina pelayanan publik di Kota Mataram.

Kepala DPMPTSP Kota Mataram Drs. Cokorda Sudira Muliarsa menyampaikan, "Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada seluruh stakeholder yang selama ini telah berupaya keras mendukung DPMPTSP Kota Mataram untuk meningkatkan pelayanan publik yang lebih baik. Semoga prestasi ini dapat dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi di masa-masa mendatang". 

 

#ptsp
#dpmptsp
#mataram
#pelayananpublik
#reformasibirokrasi
#goodgovernance

Share Link :