HOME

PROFILE

PERIZINAN

MEKANISME

PENANAMAN MODAL

DOWNLOAD

KONTAK KAMI

HASIL SURVEY IKM PERIODE APRIL-JUNI 2017

Berdasarkan pengukuran terhadap kualitas 14 unsur pelayanan tersebut diperoleh hasil skor  Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) : 83,01 dengan angka Indeks sebesar 83,01 maka kinerja unit pelayanan ini berada dalam mutu pelayanan A dengan kategori SANGAT BAIK, karena berada dalam nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat 81,26 – 100,00.

Sebagaimana diketahui bahwa kategorisasi mutu pelayanan berdasarkan indeks adalah sebagai berikut :

Tabel 1

Kategorisasi Mutu Pelayanan

 

Nilai Interval IKM

Nilai Interval Konversi IKM

Mutu Pelayanan

Kinerja Unit Pelayanan

1,00 – 1,75

25,00 – 43,75

D

TIDAK BAIK

1,76 – 2,50

43,76 – 62,50

C

KURANG BAIK

2,51 – 3,25

62,51 – 81,25

B

BAIK

3,26 – 4,00

81,26 – 100,00

A

SANGAT BAIK

Tabel 2

Nilai Rata-rata (NRR) dan Indeks Kepuasaan Masyarakat

(IKM) 14 Unsur Pelayanan

No.

Unsur Pelayanan

NRR

IKM

1.

Prosedur Pelayanan

3,245

81, 125

2.

Kesesuaian Persyaratan dengan pelayanan

3,272

81,800

3.

Kejelasan dan Kepastian Petugas Pelayanan

3,311

82,775

4.

Kedisiplinan Petugas Pelayanan

3,298

82,450

5.

Tanggung Jawab Petugas Pelayanan

3,305

82,625

6.

Kemampuan Petugas Pelayanan

3,311

82,775

7.

Kecepatan Pelayanan

3,205

80, 125

8.

Keadilan Mendapatkan Pelayanan

3,377

84,425

9.

Kesopanan dan Keramahan Petugas

3,417

85,425

10.

Kewajaran Biaya Pelayanan

3,430

85,750

11.

Kesesuaian Biaya Pelayanan

3,495

87,375

12.

Ketepatan Jadwal Pelayanan

3,212

80,000

13.

Kenyamanan Lingkungan

3,430

85,750

14.

Keamanan Pelayanan

3,457

86,425

 

Rata-rata nilai dari suatu unsur pelayanan menunjukkan penilaian masyarakat terhadap unsur pelayanan tersebut. Unsur­-unsur pelayanan dengan nilai rata-rata atau nilai interval IKM 3,321 atau BAIK merupakan unsur-unsur pelayanan yang perlu dipertahankan.

Dari Tabel 2 dapat dilihat bahwa unsur yang memiliki Nilai
(NRR) tertinggi adalah unsur Kesesuaian Biaya Pelayanan (rata-rata 3,495), sedangkan unsur dengan Nilai Rata-Rata (NRR) terendah adalah unsur Kecepatan Pelayanan  (rata-rata 3,205). Angka ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan paling tinggi diperoleh dari Kesesuaian Biaya Pelayanan, sedangkan pada Kecepatan Pelayanan memberikan tingkat kepuasaan paling rendah.Berdasarkan pengukuran terhadap kualitas 14 unsur pelayanan tersebut diperoleh hasil skor  Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) : 83,01 dengan angka Indeks sebesar 83,01 maka kinerja unit pelayanan ini berada dalam mutu pelayanan A dengan kategori SANGAT BAIK, karena berada dalam nilai interval konversi Indeks Kepuasan Masyarakat 81,26 – 100,00.

Share Link :