HOME

PROFILE

PERIZINAN

MEKANISME

PENANAMAN MODAL

DOWNLOAD

KONTAK KAMI

Program SEHATI Tuntaskan 166 izin

MATARAM – Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Mataram menilai layanan one day service yakni sehari pasti jadi atau disingkat Sehati mendapat mendapat respon dari para pengusaha. Sejak diresmikan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh, 2 Maret lalu, tercatat tak kurang 166 izin yang menyangkut usaha mikro telah dilayani. Izin tersebut meliputi, SIUP Mikro, TDP Mikro, Reklame Isidentil, Heregistrasi IUJK, perpanjangan KPS dan legalisasi izin.

Namun, Kepala BMMP2T Cokorda Sudira Muliarsa mengatakan, para pelaku usaha jangan salah mempersepsi, menganggap jika semua kategori izin usaha bisa dituntaskan dalam sehari. Menurutnya, Sehati hanya untuk kategori usaha kecil dan 9 item izin terkait usaha mikro.

“Kalau usaha bukan kategori mikro, proses pelayanan perizinannya tetap seperti biasa,” imbuh Sudira.

Ia menegaskan, yang dimaksud one day service, bukan hari itu langsung jadi, tetapi butuh waktu proses 24 jam baru bisa hasilnya diterima. “Artinya, kalau hari ini mengajukan, besok baru selesai,” ujarnya.

Sudira menampik, jika Sehati disebut sama dengan layanan-layanan perizinan usaha mikro sebelumnya. Justru ada pemangkasan waktu setelah program Sehati diluncurkan,

Ke depan untuk menambah akselerasi percepatan perizinan, BPMP2T siap meluncurkan program layanan perizinan online. Layanan ini tak hanya dapat memangkas waktu. Sistem komputerisasi numeriknya akan memudahkan perusahaan untuk mengetahui kekurangan berkas, tanpa harus bolak-balik ke BPMP2T,“Mereka hanya datang untuk validasi, sisanya bisa dituntaskan melalui perizinan via online,” tuturnya.

Saat ini fasilitas server dan sistemnya tengah dirancang oleh pihak ketiga oleh vendor Diginet Media, jasa IT dari Jogjakarta. Mereka berharap dalam waktu dekat layanan ini sudah siap untuk dilounching.

“Programnya baru tuntas sekitar 80 persen,” kata salah satu teknisi, Diginet Media, Wahyu Danu. (cr-zad/r4)

Sumber: http://www.lombokpost.net/2016/03/12/program-sehati-tuntaskan-166-izin/#.VuOjhNTUpXo.facebook

Share Link :