HOME

PROFILE

PERIZINAN

MEKANISME

PENANAMAN MODAL

DOWNLOAD

KONTAK KAMI

Pemkot Mataram Luncurkan Pelayanan SEHATI

kicknews.today Mataram – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (2/3), meluncurkan pelayanan izin sehari pasti jadi (one day service) atau disingkat “SEHATI”.

Peluncuran program “sehati” itu ditandai dengan penyerahan dokumen perizinan kepada sembilan orang pemohon yang hari ini mengajukan permohonan perizinan oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh.

Sesaat setelah menyerahkan dokumen perizinan itu, di hadapan ratusan tamu undangan, wali kota mengatakan, program “SEHATI” ini merupakan salah satu terobosan dan inovasi baru pemerintah melalui Badan Penamanan Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) dalam peningkatan pelayanan publik terutama bidang perizinan.

“Layanan perizinan ‘sehati’ ini untuk memperikan pelayanan prima kepada masyarakat, karena itu camat dan lurah harus bisa menyosialisasikan program ini kepada masyarakat,” katanya.

Akan tetapi, lanjutnya, dari 36 jenis izin yang ditangani di BPMP2T, baru sembilan izin yang dapat masuk dalam program “sehati”.

“Di luar sembilan izin itu merupakan izin teknis yang membutuhkan kajian teknis satuan kerja perangkat daerah terkait sebelum izin dikeluarkan,” katanya.

Sementara Kepala BPMP2T Kota Mataram Cokorda Sudira M menyebutkan, sembilan jenis izin yang masuk dalam pelayanan izin “sehati” itu adalah surat izin usaha perdagangan (SIUP) mikro, tanda daftar perusahaan (TDP) mikro, daftar ulang SIUP, perpanjangan TDP, izin reklame insidentil.

Selain itu, surat izin jasa konstruksi, perpanjangan kartu pengawasan kendaraan bermotor angkutan barang, perpanjangan izin lokasi, dan legalisir izin.

“Jika berbagai persyaratan pemohon lengkap terhadap beberapa jenis izin itu, bisa dijamin izin bisa dikeluarkan dalam sehari. Bisanya, izin baru kita keluarkan dua hingga tiga hari,” katanya.

Kecuali izin reklame insedentil, katanya, delapan jenis izin “sehati” dilayani secara gratis, dengan harapan adanya peningkatan kesadaran masyarakat untuk mengurus izin usahananya dan nonusaha.

“Sehingga dapat berpengaruh positif terhadap perekonomian masyarakat Kota Mataram untuk bertambah baik, serta peningkatan investasi dapat berkembang dengan pesat,” katanya.

Untuk mendukung program proses pelayanan izin “sehati”, katanya, pihaknya telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana yang memadai termasuk sumber daya manusia para petugas.

“Bahkan kami menyiapkan map bertada khusus untuk jenis izin yang terakomodasi dalam perizinan ‘sehati’, tujuannya agar masyarakat bisa mudah membedakan mana jenis izin ‘sehati’ dan tidak,” sebutnya.

Cokorda mengatakan, program “sehati” belum bisa ditetapkan pada jenis permohonan izin yang memerlukan kajian dan evaluasi tim terpadu, seperti pemohonan izin teknis.

Misalnya, izin mendirikan bangunan (IMB) dan sejenisnya tentu tidak bisa sehari karena sebelum izin dikeluarkan diperlukan kajian tim teknis terkait.

“Pelayanan perizinan ‘sehati’ ini adalah rangkaian dari rencana pelayanan perizinan ‘online’ yang saat ini juga dalam proses persiapan,” katanya.

Peluncuran pelayanan izin “sehati” itu dihadiri sejumlah jajaran kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait termasuk Ombudsman sebagai pengawas pelayanan publik.



Sumber: http://kicknews.today/index.php/2016/03/02/pemkot-mataram-luncurkan-sehati-dalam-pelayanan-perizinan/

Share Link :